Cara Mengetahui Mac Address pada Komputer atau Laptop yang Menggunakan Windows 7



Defenisi dan Arti Mac Address :

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah Komputer, Interface dalam sebuah Router, atau Node lainnya dalam Jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet Address, Physical Address, atau Hardware Address.

Keterangan Singkat tentang Mac Address
Dalam sebuah komputer, MAC Address ditetapkan pada sebuah Kartu Jaringan (Network Interface Card / NIC) yang digunakan untuk menghubungkan Komputer yang bersangkutan ke Jaringan.

MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. Ada beberapa Kartu Jaringan yang menyediakan Utility yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC Address-nya, meski hal ini kurang disarankan.


Jika dalam sebuah Jaringan terdapat 2 Kartu Jaringan yang memiliki MAC Address yang sama, maka akan terjadi Konflik Alamat pada kedua Komputer tersebut, sehingga kedua Komputer tersebut tidak dapat terhubung (berkomunikasi antara satu dengan lainnya).

Ada juga beberapa Kartu Jaringan, seperti Kartu Token Ring yang mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC Address-nya (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Komputer atau Laptop memiliki Mac Address yang berbeda-beda. Untuk mengetahui Mac Address pada Komputer, kita bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Tahapan yang Dilakukan untuk Melihat Mac Address :
          1.  Klik tombol Start Menu pada Windows
          2.  Lalu ketik Run pada "search programs and files", lalu tekan Enter
          3.  Lalu akan muncul menu Pop-up Run
          4.  Pada menu Pop-up Run, pada kolom Open, ketik cmd, lalu tekan tombol OK
          5.  Lalu akan muncul Menu Command Prompt (dengan background layar berwarna Hitam)
          6.  Pada Command Prompt tersebut ketik ipconfig/all, lalu tekan Enter
          7.  Selanjutnya lihat pada Physical Address (warna Merah), Mac Address komputer anda.