Cara Memilih dan Membeli Mobil yang Memiliki Tingkat Aman yang Tinggi



Saat ini Industri Mobil di Dunia berkembang dengan sangat pesat. Beragam Merk dan Jenis Mobil diproduksi dan ditawarkan setiap Tahun-nya. Baik itu jenis Sedan, Jeep, SUV, Fan, Hatchback dan sebagainya. Semuanya berlomba-lomba menawarkan Produk Unggulan mereka kepada masyarakat.

Kita sebagai Calon Konsumen (yang ingin membeli Mobil), harus selektif dalam Memilih dan Membeli Mobil. Ada beberapa Pertimbangan yang harus kita lakukan sebelum membeli Mobil. Salah satunya adalah Keamanan dan Keselamatan. Hal ini merupakan poin terpenting dalam hal ini.


Faktor Keamanan yang harus Dipertimbangkan dalam Membeli Mobil :

1.  Apakah Mobil tersebut telah di test Uji Benturan dan Lolos Uji
Pengujian ini biasanya dilakukan oleh Produsen Mobil itu sendiri, dan sebaiknya dilakukan juga oleh Pemerintahan suatu Negara sebagai Kontrol terhadap Kualitas Mobil tersebut.

2.  Apakah Kenderaan tersebut Aman pada saat Jalan Menikung
Contohnya : Mobil jenis SUV dan Pick-up memiliki Pusat Gravitasi yang Tinggi, sehingga kemungkinan untuk terguling lebih besar daripada Mobil Jenis Sedan. Sebaiknya sebuah Mobil memiliki Electronic Stability Control (ESC), yang dirancang untuk menjaga Kendaraan tetap terkontrol pada saat jalan menikung, sehingga mencegah terjadinya Selip dan Guling pada saat menikung.

3.  Sistem Pengereman (Rem) Mobil tersebut
Antilock Brake System (ABS) mencegah Roda Terkunci Total pada saat menginjak rem dengan kuat (mendadak), yang bisa mengakibatkan Mobil menjadi Selip. Namun bukan berarti Pengereman jadi tidak maksimal, System ini tetap membuat Jarak Pengereman jadi lebih pendek. System ini juga membantu Mobil tetap Lurus dan Stabil pada saat Pengereman yang Kuat dan mendadak tersebut.

4.  Tingkat Akselerasi Mobil dalam Menghindari Kecelakaan
Kemampuan Mobil dalam menghindari Kecelakaan adalah sangat penting. Seperti Akselerasi, Visibilitas, dan Kelincahan Mobil tersebut dalam menghindar.

5.  Air Bags (Kantong Udara) Pengaman
Pada sebuah Mobil, Air Bags ada yang terdapat pada bagian Depan Mobil saja (dipasang pada Dashboard Depan), ada juga yang terdapat pada sisi samping Kiri dan Kanan (yaitu dipasang pada Pintu Kiri dan Kanan).

6.  Safety Belt (Tali Pengaman pada Kursi)
Safety Belt pada Mobil, ada yang hanya tersedia pada Kursi Depan saja (Kursi Pengemudi dan Kursi disamping Pengemudi), ada juga yang tersedia pada seluruh Kursi (termasuk Kursi Penumpang).

7.  Memiliki Pembatas Kepala yang Aman dan Nyaman
Jika Pembatas Kepala ini berkualitas baik dan pas di Kepala Pengemudi atau Penumpang, maka resiko terhadap Kepala akan lebih Kecil jika Mobil mengalami benturan.