Cara Membersihkan Jok Mobil berbahan Kulit



Saat ini banyak Pemilik Mobil yang melapisi Jok Kursi Mobilnya dengan Jok bahan Kulit. Harganya memang relatif cukup mahal jika dibanding Jok Biasa (bawaan) yang berbahan Oscar atau sejenis. Namun hal ini sudah menjadi trendy yang disukai banyak orang.

Jok Kulit memang terlihat lebih Elegan dan Mewah dibandingkan Jok berbahan lain, seperti Kulit Sintetis, Oscar, dan sebagainya. Namun, Jok Kulit memerlukan Perawatan dan Penanganan Khusus untuk tetap terjaga Kebersihan dan Penampilannya.


Bahan dan Perlengkapan untuk Membersihkan Jok Kulit :

1.  Penyedot Debu
2.  Kain Lap
3.  Kain Lap Penyerap air
4.  Cairan Pembersih Khusus Kulit
5.  Lotion untuk Bahan Kulit
6.  Air.

Cairan Pembersih untuk kulit bisa didapatkan di berbagai Toko Pembersih. Namun, Anda juga bisa membuat cairan tersebut, yaitu dengan mencampurkan Cuka dan Minyak Biji Rami.

Cara dan Tips-nya sebagai berikut :

1.  Bersihkan Kotoran Debu yang tidak melekat pada Jok Kulit, gunakan Penyedot Debu.
Pastikan semua bersih termasuk pada bagian-bagian yang tersembunyi.

2.  Bersihkan Kotoran Debu yang melekat pada Jok Kulit, gunakan Kain Lap yang telah dibasahi dengan air, kemudian bersihkan permukaan jok untuk mengangkat sisa-sisa kotoran.

3.  Lanjutkan mengelap Permukaan Jok Kulit dengan dengan Kain Lap Penyerap Air, agar Permukaan Jok Kulit tersebut benar-benar kering.

4.  Setelah kering, lakukan Pembersihan Permukaan Jok Kulit dengan menggunakan Cairan Pembersih Khusus Kulit.

Caranya adalah : 

a.  Lakukan ujicoba dengan Cairan Pembersih (Khusus Kulit) yang kita miliki.
Tuangkan sedikit Cairan Pembersih di jok pada bagian yang tak terlalu telihat. Kemudian lihat reaksi yang terjadi, apakah Cairan tersebut mempengaruhi Jok Kulit tersebut. Jika pengaruhnya justru merusak Kulit, maka sebaiknya Anda mencari Cairan Pembersih lain. Jika tidak merusak, silahkan lanjutkan poin b dibawah ini.

b.  Lalu aplikasikan Cairan Pembersih (Khusus Kulit). 
Jangan tuangkan cairan ke jok, lakukan dengan cara Membasahi Kain Lap dengan Cairan Pembersih, lalu Kain Lap tersebut yang kita gunakan untuk membersihkan. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan pada Jok Kulit, karena Cairan Pembersih ini biasanya mengandung unsur bahan kimia.

c.  Disarankan untuk mengaplikasikan secara per-bagian, yang kemudian langsung dibersihkan dengan Kain Lap Bersih.

5.  Terakhir adalah mengaplikasikan Lotion Pelindung untuk bahan kulit.
Lotion ini bertujuan menjaga kelembapan bahan kulit, sehingga tak mudah rusak atau pecah. Musuh Kulit adalah Panas, dimana Panas akan mengeringkan kulit sehingga dapat membuat Kulit menjadi pecah-pecah bahkan berubah Warna.