Cara dan Tips Merawat dan Menggunakan Laptop agar Awet



Laptop atau Notebook / Netbook sudah banyak sekali digunakan pada saat ini. Baik itu Pengusaha, Karyawan, Mahasiswa, Pelajar, dan masyarakat umum lainnya.

Penggunaannya juga bisa bermacam-macam, ada yang menggunakannya untuk mendukung kegiatan Pekerjaan, kegiatan Kuliah dan Sekolah, browsing, sosial media, bermain Games, dan sebagainya.

Untuk itu perlu kita ketahui bagaimana sebenarnya Cara Menggunakan Laptop yang baik, agar Kondisi Laptop tersebut tetap terawat dan tidak cepat rusak. Baik kerusakan Hardware atau kerusakan Software-nya. Silahkan perhatikan Tips dibawah ini.


Tips dalam Menggunakan Laptop :

1.  Jangan mematikan Laptop dengan langsung menekan Tombol Power (dengan jari tangan), tapi harus dengan cara Klik Start Menu, lalu klik Tombol Shut down.

2.  Bersihkan Layar Laptop dengan Kain Lembut atau Tissue dengan hati-hati, jangan ditekan terlalu kuat,

3.  Bersihkan Keyboard Laptop dengan menggunakan Kuas Kecil (yang lembut), atau bisa menggunakan Penyedot Debu khusus untuk Laptop.

4.  Gunakan Screen Keyboard, untuk menutupi Tombol Keyboard dari masuknya Debu.        

5.  Pada saat mematikan Laptop, pastikan dahulu Proses Shut down telah benar-benar selesai sebelum anda menutup Laptop.

6.  Gunakan Laptop Cooling Fan, sebagai Kipas pada bagian bawah Laptop agar kondisi Laptop tetap Dingin, sehingga Hardware didalamnya juga tetap dingin dan tidak mudah rusak.

7.  Jangan memindahkan Laptop (dalam jarak yang jauh) apabila Kondisi Laptop masih dalam Keadaan Hidup,

8.  Gunakan Laptop seperlunya, jangan dalam waktu yang terlalu panjang.

9.  Jangan menggunakan Laptop dengan Posisi Laptop dalam keadaan Miring (seperti Gambar diatas), agar kinerja Hardware didalamnya tidak terganggu.

10.  Install Software secukupnya, disesuaikan dengan Spesifikasi Laptop itu sendiri, agar kinerja Laptop menjadi ringan.

11.  Jangan menggunakan Laptop dengan Posisi diatas Bantal (seperti Gambar dibawah), agar Laptop dan Hardware didalamnya tidak terlalu Panas sehingga mudah rusak.